Wisata Eksotis Terbaik untuk Pecinta Satwa Liar di Indonesia

Wisata Eksotis Terbaik untuk Pecinta Satwa Liar di Indonesia

Selamat Hari Satwa Liar! Apakah Anda menyukai hal-hal yang berhubungan dengan satwa liar? Jika ya, Anda pasti akan jatuh cinta dengan Indonesia! Diberkati dengan keanekaragaman hayati yang kaya, Indonesia adalah rumah bagi sekitar 350.000 jenis fauna. Dari penyu yang lucu, kuda liar yang agung, hingga harimau eksotis yang langka, banyak makhluk dapat ditemukan di kepulauan yang luas ini! Apakah Anda ingin melihat makhluk spektakuler ini dari dekat? Di bawah ini, kami telah membawakan Anda 6 destinasi di mana Anda dapat memiliki kesempatan untuk bertemu dengan satwa liar di Indonesia. Ayo periksa dan catat!

1. Pulau Weh

Di sebelah barat laut Banda Aceh, Anda dapat menemukan pulau vulkanik kecil namun indah yang disebut Pulau Weh, yang dikenal luas sebagai kilometer nol Indonesia. Dikelilingi oleh terumbu karang fenomenal yang menampung beragam makhluk laut, permata yang belum tersentuh ini memiliki banyak situs menyelam yang menakjubkan. Di bawah perairan Pulau Weh, Anda bisa menyaksikan penyu, lumba-lumba, hiu paus, dan pari manta berenang bebas. Di atas permukaan, menginjakkan kaki Anda ke tempat-tempat menarik lainnya seperti pos militer Jepang yang ditinggalkan bernama Fort Anoi Itam, atau bersantai dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Pantai Sumur Tiga.

2. Taman Nasional Gunung Leuser

Terletak di sekitar kaki Gunung Leuser di dekat perbatasan Aceh dan Sumatera Utara, taman nasional ini mencakup sekitar 7.927 kilometer persegi hutan hujan yang rimbun. Terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2004, par ini merupakan habitat bagi berbagai satwa liar yang meliputi harimau, badak, gajah, siamang, siamang, kera, monyet daun thomas, serta orangutan. Perbedaan ketinggian dan keragaman tanah yang mencolok di Taman Nasional Gunung Leuser juga menyebabkan melimpahnya tumbuhan di sekitarnya. Ekosistem yang hidup di taman nasional ini layak untuk dikenang.

3. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman nasional lain yang harus Anda kunjungi di Indonesia adalah Taman Nasional Kerinci Seblat yang terkenal di Pegunungan Barisan. Luasnya yang terbentang di empat provinsi yaitu Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, menjadikan Taman Nasional Kerinci Seblat sebagai taman nasional terbesar di Sumatera. Di taman nasional yang menakjubkan ini, Anda dapat memiliki kesempatan untuk bertemu banyak hewan seperti rusa, gajah, domba liar, tapir, buaya, serta badak dan harimau Sumatera yang terancam punah. Selain Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat juga terdaftar sebagai salah satu situs Warisan Dunia pada tahun 2004.

4. Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa adalah bagian dari Pulau Karimunjawa yang terletak sekitar 90 kilometer di seberang pantai Kabupaten Jepara di Jawa Tengah. Di sini, Anda dapat menemukan banyak tumbuhan dan hewan langka, terutama hewan laut. Tidak heran jika Karimunjawa dikenal dengan kekayaan biota lautnya. Perjalanan ke Taman Nasional Karimunjawa tidak akan lengkap tanpa memotret terumbu karang yang menakjubkan yang dikelilingi oleh ikan-ikan kecil yang eksotis atau elang laut perut putih yang terbang di sekitar pulau.

5. Savana Puru Kambera

Savana yang luas dan indah ini dapat ditemukan sekitar 24 kilometer ke arah barat laut Kota Waingapu di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Tidak hanya menawarkan panorama yang menyejukkan dan damai, Puru Kambera juga merupakan rumah bagi kuda-kuda liar yang cantik! Kuda-kuda ini biasanya muncul lebih sering selama musim kemarau ketika Savana Puru Kambera menjadi kering, menjadikannya tempat yang sempurna bagi mereka untuk mencari makan. Bersifat gesit, Anda harus sangat berhati-hati jika ingin mendekati kuda-kuda menawan ini. Pastikan kamera Anda selalu siap!

6. Pulau Rote

Masih di Nusa Tenggara Timur, Anda juga harus mengunjungi Pulau Rote di titik paling selatan provinsi ini. Terumbu karang yang sehat dan mempesona yang mengelilingi surga tropis dunia lain ini adalah rumah bagi banyak penyu yang indah. Di sepanjang garis pantai timur Pulau Rote, khususnya di pasir putih Pantai Sosadale yang mempesona, Anda dapat menyaksikan beberapa penyu bertelur. Anda bisa memotret kura-kura ini! Tapi ingat untuk tidak mengganggu mereka saat mereka menetas dengan terlalu dekat.